Tumbuhan Cam Akan Memfiksasi Karbon Dioksida Dan Mengubahnya Menjadi

Soal:

Tumbuhan Cam Akan Memfiksasi Karbon Dioksida Dan Mengubahnya Menjadi?

Jawaban:

Tumbuhan, termasuk tumbuhan CAM (Crassulacean Acid Metabolism), memfiksasi karbon dioksida (CO2) dan mengubahnya menjadi glukosa melalui proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses di mana tumbuhan menggunakan energi matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi glukosa dan oksigen.

Pada tumbuhan CAM, ada penyesuaian khusus dalam siklus fotosintesis yang memungkinkan mereka mengurangi kehilangan air melalui transpirasi di daerah dengan kondisi iklim kering. Tumbuhan CAM membuka stomata mereka di malam hari untuk mengambil karbon dioksida dan menjaga stomata mereka tertutup di siang hari untuk mengurangi penguapan air.

Pada malam hari, tumbuhan CAM mengambil CO2 dan menyimpannya dalam bentuk asam malat di dalam sel-sel mereka. Selama siang hari, tumbuhan ini menggunakan asam malat yang telah disimpan sebagai sumber karbon untuk fotosintesis. Proses ini memungkinkan tumbuhan CAM untuk memfiksasi CO2 dan menghasilkan glukosa meskipun stomata mereka tertutup pada siang hari.

Dalam proses fotosintesis, glukosa yang dihasilkan digunakan oleh tumbuhan sebagai sumber energi dan sebagai bahan pembangunan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Selain itu, tumbuhan juga melepaskan oksigen ke atmosfer sebagai produk sampingan dari fotosintesis.

Dengan demikian, tumbuhan CAM memainkan peran penting dalam siklus karbon dan lingkungan secara keseluruhan dengan memfiksasi CO2 dan mengubahnya menjadi glukosa melalui proses fotosintesis.