Pempek Dan Tekwan Adalah Makanan Khas Daerah

Soal:

Pempek Dan Tekwan Adalah Makanan Khas Daerah?

Jawaban:

Pempek dan tekwan adalah makanan khas daerah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Keduanya merupakan bagian penting dari kuliner Palembang dan telah menjadi ikonik dalam masakan Indonesia.

Pempek adalah hidangan yang terbuat dari campuran ikan yang digiling halus, tepung sagu, dan bahan-bahan lain seperti telur, bawang putih, dan garam. Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi berbagai bentuk seperti bulat, pipih, atau panjang, dan direbus dalam air mendidih atau digoreng hingga matang. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang asam dan pedas, serta ditaburi dengan ebi (udang kering) dan seledri.

Tekwan adalah hidangan sup yang terdiri dari bola-bola ikan yang diisi dengan campuran daging ikan yang halus dan tepung sagu. Bola-bola ikan ini kemudian direbus dalam kaldu ayam yang kaya rasa. Tekwan juga biasanya disajikan dengan tambahan mie bihun, irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng sebagai hiasan.

Kedua hidangan ini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda, namun keduanya merupakan makanan yang populer di Palembang dan sering disajikan bersama sebagai bagian dari hidangan makanan utama atau hidangan pembuka dalam acara-acara khusus, seperti perayaan tradisional atau acara keluarga.