legenda candi borobudur dalam bahasa jawa

“Nyatane Ageng, Wisata Wiwit Mbangun Wijayeng Borobudur Nyenengake Ati Sambeng Molenting”

Pendahuluan

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Keindahan candi ini tidak hanya terletak pada arsitektur dan keberadaannya sebagai situs warisan dunia, tetapi juga pada sejuta legenda yang mengelilinginya. Legenda-legenda ini merupakan bagian dari warisan budaya Jawa yang kaya dan menjadi daya tarik wisatawan yang tertarik untuk mengeksplorasi keunikan candi ini.

Dalam artikel ini, kami akan mempersembahkan legenda candi Borobudur dalam bahasa Jawa. Melalui legenda ini, Anda dapat mengetahui lebih dalam tentang sejarah, makna, dan keajaiban yang terkandung dalam struktur candi yang megah ini.

Berikut adalah beberapa legenda populer tentang Candi Borobudur dalam bahasa Jawa:

1. Legenda Lahirnya Candi Borobudur

Menurut legenda, Candi Borobudur diperkirakan dibangun pada abad ke-8 oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra. Raja tersebut berkuasa di Kerajaan Mataram Kuno yang merupakan penerus Kerajaan Kalingga. Raja Samaratungga membangun candi ini sebagai tanda terima kasih kepada ibunya yang bernama Ratu Pramodhawardhani.

Ratu Pramodhawardhani dikenal sebagai pendiri agama Buddha di pulau Jawa. Konon, beliau bercita-cita untuk membangun candi yang besar dan megah sebagai simbol kemuliaan Buddha. Oleh karena itu, Raja Samaratungga menjalankan wasiat ibunya tersebut dan membangun Candi Borobudur sebagai penghormatan kepada Buddha.

2. Legenda Ratu Pramodhawardhani dan Raja Lembu

Legenda lain yang terkait dengan Candi Borobudur adalah kisah Ratu Pramodhawardhani dan Raja Lembu. Konon, pada suatu hari, Ratu Pramodhawardhani bertemu dengan seekor lembu yang misterius. Lembu tersebut memiliki kekuatan magis dan mampu berbicara. Raja Lembu memberikan petunjuk kepada Ratu Pramodhawardhani untuk membangun candi yang megah sebagai wujud rasa syukur kepada Buddha.

Atas petunjuk dari Raja Lembu, Ratu Pramodhawardhani memerintahkan pembangunan Candi Borobudur. Setelah selesai, Raja Lembu menghilang secara misterius dan tidak pernah terlihat lagi.

3. Legenda Air Susu Dara Borobudur

Legenda lain yang terkenal adalah legenda tentang Air Susu Dara Borobudur. Konon, air susu dara (ASD) Borobudur adalah satu-satunya di dunia dan memiliki kekuatan magis. ASD ini diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan memberikan kebahagiaan serta keberuntungan bagi mereka yang meminumnya.

Menurut legenda, ASD Borobudur berasal dari seorang wanita yang bernama Bunda biyungteratai yang memiliki kemampuan alami dalam memproduksi ASD. Bunda biyungteratai menyumbangkan ASD-nya kepada masyarakat sebagai tanda cinta dan kedamaian.

4. Legenda Candi Borobudur sebagai Tempat Persembunyian Raja-Raja Kuno

Legenda lain yang terkait dengan Candi Borobudur adalah cerita tentang persembunyian raja-raja kuno di dalam candi. Konon, para raja yang memiliki musuh atau sedang dalam bahaya akan bersembunyi di dalam lorong dan ruang rahasia candi. Mereka akan bersembunyi di tempat yang aman dan terlindung sambil menunggu bahaya berlalu.

Beberapa petunjuk mengenai ruang rahasia ini masih ada di Candi Borobudur hingga saat ini. Namun, ruang-ruang tersebut belum sepenuhnya dipelajari dan masih menjadi misteri bagi para peneliti.

5. Legenda Terkait Patung Buddha Tidur

Salah satu bagian yang paling menarik dari Candi Borobudur adalah patung Buddha Tidur yang terletak di dalam satu stupa di tingkat teratas candi. Patung Buddha Tidur tersebut menggambarkan Buddha dalam posisi berbaring dengan tangan di sepanjang tubuh. Konon, patung ini adalah representasi dari adegan terakhir dari kehidupan Buddha.

Menurut legenda, patung Buddha Tidur ini memiliki kekuatan magis yang mampu memberikan rasa damai dan ketenangan bagi mereka yang melihatnya dengan tulus dan penuh keyakinan. Banyak wisatawan yang datang ke Candi Borobudur dengan harapan mendapatkan berkah dan kebijaksanaan dari melihat patung ini.

6. Legenda Keberadaan Raksasa di Candi Borobudur

Terakhir, ada legenda yang konon menceritakan tentang keberadaan raksasa di Candi Borobudur. Menurut cerita rakyat, raksasa ini membangun Candi Borobudur dalam semalam dengan bantuan jin dan setan. Dalam satu malam, mereka mengangkut batu-batu besar dan menyusunnya menjadi struktur candi yang megah ini.

Legenda ini menjadi cerita yang mengagumkan dan memperlihatkan kehebatan arsitektur yang ada pada Candi Borobudur. Meskipun legenda ini tidak benar secara ilmiah, tetapi hal ini memberikan kesan magis dan misterius bagi candi ini.

Tabel Informasi Legenda Candi Borobudur dalam Bahasa Jawa:

Legenda Keterangan
Lahirnya Candi Borobudur Raja Samaratungga membangun candi untuk menghormati ibunya, Ratu Pramodhawardhani.
Ratu Pramodhawardhani dan Raja Lembu Ratu Pramodhawardhani mendapatkan petunjuk dari Raja Lembu untuk membangun candi.
Air Susu Dara Borobudur Air Susu Dara di Candi Borobudur dipercaya memiliki kekuatan magis dan dapat menyembuhkan.
Candi Borobudur sebagai Tempat Persembunyian Raja-Raja Kuno Para raja kuno bersembunyi di dalam candi saat dalam bahaya atau dalam perang.
Terkait Patung Buddha Tidur Patung Buddha Tidur melambangkan adegan terakhir dari kehidupan Buddha.
Keberadaan Raksasa di Candi Borobudur Raksasa konon membangun candi dengan bantuan jin dan setan dalam semalam.

Kesimpulan

Candi Borobudur bukan hanya merupakan keajaiban arsitektur yang luar biasa, tetapi juga memiliki sejuta legenda yang mengelilinginya. Legenda-legenda tentang candi ini memberikan makna, sejarah, dan keajaiban yang memperkaya warisan budaya Jawa.

Dalam perjalanan Anda ke Candi Borobudur, jangan lewatkan untuk mendengar dan mengenali legenda-legenda ini secara langsung. Menjelajahi dan memahami legenda candi Borobudur dalam bahasa Jawa akan menambah pengalaman Anda dalam menghargai keindahan dan keunikan candi ini.

Jadi, mari kita terus menjaga keberadaan Candi Borobudur sebagai salah satu keajaiban dunia dan juga menjaga keaslian legenda-legenda yang terkait dengannya.

Kata Penutup

Artikel ini menghadirkan legenda candi Borobudur dalam bahasa Jawa untuk memperkaya pengetahuan dan kecintaan kita terhadap warisan budaya Indonesia. Melalui legenda-legenda ini, kita dapat merenungkan makna dan keajaiban yang ada di balik megahnya Candi Borobudur.

Harap dicatat bahwa legenda-legenda yang disampaikan dalam artikel ini adalah berdasarkan cerita rakyat dan warisan budaya. Sebagai pembaca, Anda dapat mengeksplorasi lebih lanjut mengenai legenda-legenda tersebut dan menemukan cerita-cerita menarik lainnya yang terkait dengan Candi Borobudur.

Semoga artikel ini memberikan wawasan baru dan menambah kekaguman Anda terhadap keajaiban dan keunikan Candi Borobudur. Mari kita lestarikan warisan budaya kita dan menjadikannya sumber inspirasi bagi generasi selanjutnya.