Jelaskan Struktur Antibodi!

Soal:

Jelaskan Struktur Antibodi!

Jawaban:

Antibodi adalah molekul protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai respons terhadap kehadiran antigen, seperti bakteri, virus, atau bahan asing lainnya. Struktur antibodi terdiri dari unit-unit yang disebut rantai ringan (light chain) dan rantai berat (heavy chain), yang saling berikatan membentuk struktur yang mirip dengan huruf “Y”.

Setiap rantai antibodi memiliki dua bagian utama: fragmen variabel (variable fragment, disingkat sebagai Fab) dan fragmen kristal (crystallizable fragment, disingkat sebagai Fc).

  1. Fragmen Variabel (Fab): Fragmen variabel terletak di bagian ujung “Y” dari antibodi dan berperan dalam mengenali dan berikatan dengan antigen spesifik. Setiap fragmen variabel memiliki dua domain: domain variabel berat (VH) yang berikatan dengan rantai berat, dan domain variabel ringan (VL) yang berikatan dengan rantai ringan. Domain variabel memiliki variasi yang tinggi dan memungkinkan antibodi untuk mengenali berbagai macam antigen dengan spesifisitas yang tinggi.
  2. Fragmen Kristal (Fc): Fragmen kristal terletak di bagian batang “Y” dari antibodi dan berperan dalam mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Fragmen kristal dapat berinteraksi dengan sel-sel kekebalan lainnya, seperti sel fagosit dan sel sitotoksik, serta komponen komplemen. Ini memicu respon kekebalan tubuh, seperti penghancuran antigen oleh sel fagosit atau pengikatan dan pembuangan antigen dari tubuh.

Rantai berat dan rantai ringan dalam struktur antibodi saling berikatan melalui ikatan disulfida. Antibodi dapat memiliki berbagai jenis rantai berat, seperti rantai berat alfa (α), beta (β), gamma (γ), delta (δ), atau epsilon (ε). Rantai ringan juga dapat berada dalam dua bentuk, yaitu rantai ringan kappa (κ) atau rantai ringan lambda (λ).

Struktur antibodi ini memungkinkan mereka untuk mengenali antigen spesifik dengan berbagai cara, termasuk pengikatan langsung, pembentukan kompleks antigen-antibodi, atau pengaktifan respon kekebalan tubuh. Kemampuan antibodi untuk mengenali dan melawan antigen merupakan dasar dari kekebalan adaptif, yang penting dalam melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.