Fase Finisher Adalah Pemberian Pakan Ayam Petelur Pada Umur

Soal:

Fase Finisher Adalah Pemberian Pakan Ayam Petelur Pada Umur?

Jawaban:

Fase finisher sebenarnya lebih umum digunakan dalam konteks pemeliharaan ternak unggas seperti ayam pedaging atau ayam broiler, bukan pada ayam petelur. Pada ayam petelur, istilah yang lebih sering digunakan adalah fase produksi telur.

Fase produksi telur pada ayam petelur terbagi menjadi beberapa periode, yaitu fase peletakan awal (starter phase), fase pertumbuhan (grower phase), dan fase produksi (production phase). Setiap fase memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda untuk mendukung perkembangan dan produksi telur yang optimal.

Dalam fase produksi, umumnya dimulai setelah fase pertumbuhan, ayam petelur membutuhkan pakan yang mengandung nutrisi khusus untuk mendukung produksi telur yang baik. Pada fase ini, umur ayam petelur biasanya berkisar antara 16 hingga 20 minggu, tergantung pada jenis dan strain ayam.

Pakan finisher yang tepat untuk ayam petelur pada fase produksi umumnya memiliki komposisi nutrisi yang mengandung tinggi protein, asam amino esensial, vitamin, mineral, dan energi yang cukup. Nutrisi-nutrisi ini diperlukan untuk mendukung produksi telur yang optimal dan menjaga kesehatan ayam petelur.

Dalam praktiknya, pemilihan pakan dan formulasi ransum untuk ayam petelur pada fase produksi biasanya dilakukan oleh ahli nutrisi ternak atau konsultan pakan. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi spesifik dari ayam petelur yang dipelihara, tujuan produksi, dan kondisi lingkungan setempat.